Jumat, 07 Januari 2022

TAM Tank (Jerman/Argentina)

 


PERKEMBANGAN

Pada tahun 1974 Thyssen Henschel (sekarang Henschel Wehrtechnik) diberikan kontrak oleh Argentina untuk desain dan pengembangan tank medium baru yang ditunjuk TAM (Tanque Argentina Mediano), serta kendaraan tempur infanteri VCI (Vehiculo Combats Infanteria) kemudian mengubah namanya menjadi VCTP. Tiga prototipe dari masing-masing dibangun dan dikirim ke Argentina. Produksi dimulai di pabrik baru di Argentina dengan persyaratan 512 TAM dan VCTP, tetapi
produksi dihentikan setelah sekitar 350 kendaraan karena alasan anggaran. Pengembangan lebih lanjut oleh perusahaan telah menghasilkan TH301, yang memiliki sejumlah peningkatan termasuk sistem pengendalian kebakaran baru dan mesin yang lebih bertenaga.

Pengemudi duduk di depan kiri TAM, mesin di kanan dan turret menuju belakang. Komandan dan penembak duduk di kanan turret, loader kiri. Kekuatan senjata 105mm meningkat dari -7° menjadi +18' dan turret melintasi 360°. MG 7.62mm dipasang secara koaksial dengan persenjataan utama dan ada senjata serupa di atap untuk pertahanan udara.

Untuk memperluas jangkauan operasionalnya, tangki bahan bakar jarak jauh dapat dipasang di bagian belakang lambung. Perlengkapan opsional untuk TH301 termasuk perlindungan lapis baja tambahan.

 

VARIAN

VCA 155, sasis TAM yang diperpanjang dilengkapi dengan turret Italia Palmaria 155mm self-propelled howitzer, dikembangkan untuk memenuhi persyaratan Angkatan Darat Argentina.

VCRT, ARV berdasarkan sasis TAM untuk Angkatan Darat Argentina, prototipe saja.

Peluncur roket, prototipe kelipatan 160mm dan 350mm sistem peluncuran roket telah dibangun (sasis adalah Argentina dengan peluncur roket dari Israel). Selain itu banyak cobaan versi di Jerman.

 

PENGENALAN FITUR KUNCI

Lambung mirip dengan Marder MICV dengan pelat glacis yang miring. Pengemudi depan kiri,  hull atas horizontal dengan turret ke arah belakang, lambung punggung miring ke belakang lalu ke dalam di titik tengah.

Turret memiliki sisi datar yang miring sedikit ke dalam, menara bustle meluas hampir ke lambung kapal belakang, kubah komandan di kanan sisi atap datar. meriam 105mm dipasang di mantel eksternal, dengan ekstraktor asap.

Suspensi setiap sisi memiliki enam roda jalan, sproket penggerak depan, idler belakang dan tiga roller track-balik. Bagian atas kadang tertutup pelindung roda tank.


SPESIFIKASI
Kru: 4
Persenjataan: 1x105mm, 1x7,62mm MG, (koaksial), 1 x 7,62 MG (anti-pesawat), 2 x 4 pelempar granat secepatnya
Amunisi: 50 x 105mm, 6.000 x 7.62mm
Panjang pistol ke depan: 8.23m
lambung panjang: 6.775m
Lebar: 3,29m
Tinggi ke puncak turret: 2.43m
Rasio daya-terhadap-berat: 24.27hp/ton
Jarak ke tanah: 0,45m
Berat, pertempuran: 30.000kg
Berat, kosong: 28,000kg
tekanan tanah: 0.78kg/cm2
Mesin: MTU MB 833 Ka 500 Supercharged Diesel 6 silinder mengembangkan 720hp pada 2.200 rpm
Kecepatan jalan maksimum: 75km/jam
Jangkauan jalan maksimum: 590km
Jangkauan jalan maksimum dengan tangki tambahan: 940km
Kapasitas bahan bakar: 640 ltr
Daya Mengarungi air: 1,5m
Daya Mengarungi air dengan persiapan: : 2.25m
Daya Mengarungi air dengan snorkeling: 4m
Rintangan vertikal: 1.0m
Parit: 2.5m
Gradien: 60o/o
baju besi: Rahasia
Jenis baju besi: Baja
sistem NBC: Ya

STATUS
Produksi selesai di Argentina. Produksi belum
dimulai di Jerman. Dalam pelayanan dengan Argentina.


PRODUSEN
Henschel Wehrtechnik, Kassel, Jerman; TAMSE, Buenos
Aires, Argentina.

Sumber: Jane's Tanks And Combat Vehicles Recognition Guide 2Nd Ed 2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar