PERKEMBANGAN
Pada tahun 1974 Thyssen Henschel (sekarang Henschel
Wehrtechnik) diberikan kontrak oleh Argentina untuk desain dan
pengembangan tank medium baru yang ditunjuk TAM (Tanque Argentina Mediano),
serta kendaraan tempur infanteri VCI (Vehiculo Combats Infanteria) kemudian
mengubah namanya menjadi VCTP. Tiga prototipe dari masing-masing dibangun dan
dikirim ke Argentina. Produksi dimulai di pabrik baru di Argentina dengan
persyaratan 512 TAM dan VCTP, tetapi
produksi dihentikan setelah sekitar 350
kendaraan karena alasan anggaran. Pengembangan lebih lanjut oleh perusahaan
telah menghasilkan TH301, yang memiliki sejumlah peningkatan termasuk sistem
pengendalian kebakaran baru dan mesin yang lebih bertenaga.
Pengemudi duduk di depan kiri TAM, mesin di kanan dan turret
menuju belakang. Komandan dan penembak duduk di kanan turret, loader kiri.
Kekuatan senjata 105mm meningkat dari -7° menjadi +18' dan turret melintasi
360°. MG 7.62mm dipasang secara koaksial dengan persenjataan utama dan ada
senjata serupa di atap untuk pertahanan udara.
Untuk memperluas jangkauan operasionalnya, tangki bahan
bakar jarak jauh dapat dipasang di bagian belakang lambung. Perlengkapan
opsional untuk TH301 termasuk perlindungan lapis baja tambahan.
VARIAN
VCA 155, sasis TAM yang diperpanjang dilengkapi dengan
turret Italia Palmaria 155mm self-propelled howitzer, dikembangkan untuk
memenuhi persyaratan Angkatan Darat Argentina.
VCRT, ARV berdasarkan sasis TAM untuk Angkatan Darat
Argentina, prototipe saja.
Peluncur roket, prototipe kelipatan 160mm dan 350mm sistem
peluncuran roket telah dibangun (sasis adalah Argentina dengan peluncur roket
dari Israel). Selain itu banyak cobaan versi di Jerman.
PENGENALAN FITUR KUNCI
Lambung mirip dengan Marder MICV dengan pelat glacis yang
miring. Pengemudi depan kiri, hull atas
horizontal dengan turret ke arah belakang, lambung punggung miring ke belakang lalu
ke dalam di titik tengah.
Turret memiliki sisi datar yang miring sedikit ke dalam,
menara bustle meluas hampir ke lambung kapal belakang, kubah komandan di kanan sisi
atap datar. meriam 105mm dipasang di mantel eksternal, dengan ekstraktor asap.
Suspensi setiap sisi memiliki enam roda jalan, sproket
penggerak depan, idler belakang dan tiga roller track-balik. Bagian atas kadang
tertutup pelindung roda tank.
SPESIFIKASI
Kru: 4
Persenjataan: 1x105mm, 1x7,62mm MG, (koaksial), 1 x 7,62 MG (anti-pesawat), 2 x 4 pelempar granat secepatnya
Amunisi: 50 x 105mm, 6.000 x 7.62mm
Panjang pistol ke depan: 8.23m
lambung panjang: 6.775m
Lebar: 3,29m
Tinggi ke puncak turret: 2.43m
Rasio daya-terhadap-berat: 24.27hp/ton
Jarak ke tanah: 0,45m
Berat, pertempuran: 30.000kg
Berat, kosong: 28,000kg
tekanan tanah: 0.78kg/cm2
Mesin: MTU MB 833 Ka 500 Supercharged Diesel 6 silinder mengembangkan 720hp pada 2.200 rpm
Kecepatan jalan maksimum: 75km/jam
Jangkauan jalan maksimum: 590km
Jangkauan jalan maksimum dengan tangki tambahan: 940km
Kapasitas bahan bakar: 640 ltr
Daya Mengarungi air: 1,5m
Daya Mengarungi air dengan persiapan: : 2.25m
Daya Mengarungi air dengan snorkeling: 4m
Rintangan vertikal: 1.0m
Parit: 2.5m
Gradien: 60o/o
baju besi: Rahasia
Jenis baju besi: Baja
sistem NBC: Ya
STATUS
Produksi selesai di Argentina. Produksi belum
dimulai di Jerman. Dalam pelayanan dengan Argentina.
PRODUSEN
Henschel Wehrtechnik, Kassel, Jerman; TAMSE, Buenos
Aires, Argentina.
Sumber: Jane's Tanks And Combat Vehicles Recognition Guide 2Nd Ed 2000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar